Sumber Makanan Pelancar ASI

Sumber Makanan Pelancar ASI

Sumber Makanan Pelancar ASI : Air Susu Ibu atau yang sering disebut dengan ASI merupakan sumber makanan dan minuman terbaik untuk bayi bunnda. Menyusui merupakan cara yang paling tetap dan sehat untuk memberi makanan pada bayi. ASI merupakan sumber makanan yang lengkap karena mengandung sekitar 400 nutrisi, senyawa dan hormon yang dapat melawan penyakit dan tidak dapat bunda temuka pada susu formula atau bukan susu ASI. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam ASI juga dapat membantu menyesuaikan kebutuhan tubuh bayi ketika bayi bunda tumbu berkembang.

ASI harus diberikan pada bayi secara eksklusif selama bayi berumur 0-6 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, bayi bunda tidak bisa mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Berdasarkan penelitian pada Telethon Institute for Child Health Research, ASI memiliki kandungan gizi jauh lebih baik dibanding susu formula. ASI merupakan makanan yang dapat memberikan efek jangka panjang pada bayi bunda seperti terhadapat kecerdasan dan juga kekebalan tubuh pada penyakit.

Seorang ibu harus tetap mengupayakan agar ASI selalu lancar, meskipun tidak dapat dipungkiri kadang kala ada beberapa ibu menyusui yang mengalami kendala pengeluaran ASI yang tidak lancar, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kondisi dari kesehatan bayi. Maka bunda harus mengkonsumsi sumber makanan pelancar ASI seperti contoh berikut.

  1. Roti Gandum

Merupakan sumber makanan yang mengandung asam folat yang banyak, dimana asam folat penting bagi perkembangan bayi bunda di tahap awal kehamilan. Tidak hanya pada awal kehamilan saja namun asam folat juga merupakan nutrisi penting dalam ASI bunda untuk kesehatan bayi dan juga ibu menyusui. Sumber makanan yanng mengandung gandum dapat meningkatkan produksi air susu pada ibu yang sedang menyusui. Gandum mengandunng zat besi yang tinggi sehingga dapat menjadi makanan pelancar ASI.

  1. Bayam dan daun bit

Bayam memiliki beberapa nutrisi yang sama dengan bit dan sangat penting bagi tubuh, seperti kalsium, zat besi dan asam folat. Makanan berbahan dasar bayam sangat penting bagi bunda yang sedang mengalami anemia. Kedua sumber makanan ini juga dapat membantu bayi menjadi sehat dan kuat. Sayuran ini juga mengandung senyawa detoks dan juga senyawa anti kanker payudara. Bunda dapat mengkonsumsi sayura ini secara seimbang dan tidak berlebihan, karena jika terlalu banyak dapat menyebabkan bayi bunda mengalami diare.

  1. Daun Katuk

Daun katuk mengandung protein, kalium dan juga fosfor yang sangat baik untuk memperlancar ASI bunda. Berdasarkan beberapa penelitian, daun katuk dapat meningkatkan volume ASI hingga mencapai 50%. Daun katuk dapat dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sayur bening dan ditambah dengan jagung, rasanya pun enak.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan bahan pangan yang dikenal memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salmon mengandung Essensial Fatty Acid atau EFA dan juga Omega 3 yang ada dalam salmon. Kedua kandungan tersebut dapat membantu memperlancar ASI, daging ikan salmon dapat meningkatkan hormon laktasi sehingga membuat asi bunda menjadi kental dan berkualitas, selain dapat memperlancar, ikan salmon dapat sekaligus menambah kualitas ASI. Bunda dapat mengkonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang sesuai dengan selera.

  1. Daun Kemangi

Daun ini sering digunakan sebagai sayur lalapan, selain lalapan ternyata daun kemangi juga dapat memperlancar asi yang tersumbat dan sebagai salah satu sumber antioksidan. Daun kemangi memiliki efek menenangkan yang dapat membantu ibu menyusui, selain itu juga dapat membantu meningkatkan imunitas pada bunda. Selain pada lalapan, bunda juga dapat menambahkan beberapa tangkai dalam teh dan bunda dapat merasakan kesegarannya.

  1. Buah Wortel

Buah wortel dapat dikonsumsi dnegan cara dicampur dalam sop atau dibuat untuk jus. Bunda sangat disarankan untuk mengkonsumsi wortel ini, buah ini mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk memproduksi ASI yang lebih banyak. Selain itu, wortel mengandung vitamin A yang lebih tinggi dan bermanfaat untuk memelihara mata dan kulit bayi bunnda. Selain vitamin A, kandungan vitamin C dapat menjadi antioksidan. Bunda dapat mengkonsumsi jus wortel sebelum makan siang dalam 1 gelas.

  1. Oatmeal

Sumber makanan satu ini memang belum populer di Indonesia, namun di US oatmeal merupakan bahan pangan yang telah lama populer. Bahan makanan ini biasanya sering dikonsumsi ketika sarapan pagi. Manfaat yang ada dalam oatmeal diantaranya dapat mengontrol terjadinya diabetes pada masa setelah kehamilan bunda, mengandung banyak kalori, serat pangan yang bagus untuk pencernaan, dapat melancarkan asi dengan cara penyajian yang sesuai.

  1. Buah Pisang

Buah ini adalah salah satu sumber makanan yang sering dikonsumsi oleh ibu menyusui. Karena buah pisang dapat memperbaiki kualitas ASI dan juga mengandung banyak yodium. Yodium dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid agar menjaga fungsi otak pada bayi da untuk perkembangan sistem saraf bayi. Ibu menyusui harus untuk mendapat asupan yodium sebanyak minimal 190 mg per hari.

  1. Pepaya

Pepaya selain dimakan dalam bentuk buah matang, pepaya mentah juga banyak digunakan untuk bahan masakan di Indonesia. Buah ini dapat memperlancar asi yang telah lama dikenal seasia tenggara, pepaya juga digunakan untuk obat penenang alami dan dapat membantu bunda agar merasa santai. Pepaya matang merupakan makanan yang dapat memperlancar asi yang bagus dan menyenangkan.

  1. Makanan Sumber Vitamin B6

Ibu hamil wajib menjadapatkan makanan yang mengandung vitamin B6, zat ini dapat menjaga fngsi otak bayi dan juga sistem neurotransmitter pada bayi. Dalam masa 3 bulan peprtama pasca melahirkan kandungan vitamin B6 harus terpenuhi dalam ASI. Menurut beberapa riset, vitamin B6 penting bagi metabolisme manusia termasuk masih bayi. Nutrisi vitamin B6 ini dapat anda temui dalam sayuran, ikan, buah pisang dan daging unggas.

  1. Makanan yang mengandung Zink

Zat seng atau zink ini sangat dibutuhkan tubuh agar sistem kekebalan tubuh pada bayi tetap terjaga. Zink dapat mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan sel. Dalam sebuah riset di Choice Australia, ibu menyusui harus mengkonsumsi 10-12 mg zink minimal perhari. Jumlah zat seng dalam ASI harus terpenuhi dalam tubuh untuk mencegah adanya dampak defisiensi, seperti sirosis dan juga diare. Zat besi pada bunda cenderung berkurang, maka bunda perlu asupan dari luar juga, misalnya seperti kacang-kacangan, sereal dan susu untuk busui.

  1. Labu

Sayuran satu ini memang tidak banyak disukai oleh beberapa orang, namun perlu bunda ketahui bahwa labu dapat memperlancar asi. Selain untuk memperlancar asi secara alami, labu juga dapat meningkatkan kualitas dari ASI bunda, sayuran yang mudah dicerna ini dapat membantu bunda untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Bunda dapat mengkonsumsi labu matang secara langsung atau dapat membuatnya dalam puding.

Itulah beberapa sumber makanan yang dapat memperlancar ASI, bunda dapat mencobanya dirumah. Selain mengkonsumsi, bunda juga harus menjaga pola hidup yang sehat agar kesehatan bayi juga terjaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *