Daftar Sayuran untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Memperlancar ASI

Daftar Sayuran untuk Ibu Menyusui Berkhasiat Memperlancar ASI

Bagi bunda, buah hati yang telah lahir ke dunia dengan selamat merupakan anugerah terindah yang patut untuk dibanggakan. Tentunya orangtua merasa bahagia dan senang sekali bayinya telah lahir. Segala persiapan telah dilakukan oleh ibu untuk menyambut kehadiran sang buah hati, namun perjuangan ibu tidak berhenti sampai proses melahirkan saja, bunda harus melewati proses menyusui selama 0 sampai 6 bulan atau bahkan dua tahun demi memenuhi kebutuhan sang buah hati.

Dalam proses menyusi, bunda pasti membutuhkan banyak nutrisi agar ASI dapat mengalir dan keluar dengan lancar. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh bunda agar produksi ASI terus lancaar yakni salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran dan makanan sehat. Saat ini, ada banyak jenis sayuran yang dapat dimanfaatkan ibu untuk sumber vitamin pelancar ASI. Tetapi, ada juga ibu menyusui yang tidak begitu suka dengan sayur-sayuran, hal ini bisa saja disebabkan karena dari dulu ibu memang kurang begitu suka makan sayur-sayuran.

Padahal jika bunda kethaui, sayuran memiliki banyak manfaat, sayuran merupakan Sumber makanan Pelancar ASI wajibb yang harus dikonsumsi oleh para ibu menyusui agar produksi ASI menjadi lancar, kebutuhan ASI sang buah hati pun bisa terpenuhi secara maksimal.

Selain sayuran, ada banyak vitamin penambah ASI lain yang mudah sekali bunda dapatkan. Terdapat banyak bahan alami yang ada disekitar bunda yang ternyata memang kaya akan vitamin dan bisa mendukung produksi ASI lebih banyak. Berikut beberpa sayuran yang dianjurkan untuk ibu menyusui :

  • Sayur Brokoli

Sayur satu ini dapat dikategorikan sebagai salah satu sayuran yang cukup mahal harganya bagi kalangan menengah kebawah. Namun meskipun mahal, sayur brokoli mengandung banyak gizi didalamnya dan pasti sangat berkhasiat. Kandungan zat besi dalam sayur ini sangat dibutuhkan ibu dan juga sang bayi.

Selain itu, sayur brokoli juga mempunyai kandungan yang dapat mempertajam ingatan bunda dan bayi. Pada dasarnya memang semua sayuran hijau itu baik untuk bunda, maka sangat disarankan selama masa menyusui bunda dianjurkan agar banyak mengkonsumsi sayuran hijau ini. maka tubuh bunda menjadi lebih sehat, tidak mudah terserang penyakit dan ASI menjadi lebih lancar. Setiap bunda pasti ingin melakukan yang terbaik untuk buah hatinya, salah satunya adalah dengan menyusui ASI.

  • Pare

Pare juga memiliki kandungan yang dapat memperlancar ASI bunda, pare merupakan salah satu sayuran yang kaya dengan vitamin C dan juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh ibu dan bayi dari kerusakan, dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah bayi, tulang dan gigi.

Pare juga mampu membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, karena pare mengandung senyawa fitokimia lutein dan juga likopen yang bekhasian untuk merangsang produksi insulin. Manfaat lain dari pare ini adalah, sangat dianjurkan untuk ibu menyusui yang sedang menderita diabetes millitus karena pare memiliki kemampuan dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga bisa menjadi zat antibiotik, antikanker dan juga antivirus.

  • Sayur Bayam

Jenis sayuran ini memang sudah sangat familiar di kalangan ibu rumah tangga dan memang sering dijumpai pada pasar tradisional maupun di supermarket. Sayur bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena dalam sayur ini terdapat kandungan kalsium yang tinggi dan dapat menggantikan peran dari susu secara tidak langsunng.

Akan lebih baik lagi jika sayur bayam inni sering dikonsumsi setiap hari, karena dapat memperlancar ASI sekaligus dapat menyehatkan tubuh bayi maupun bunda. Namun dalam mengkonsumsi sayur ini perlu hati-hati, karena sayur bayam tidak dapat dipanaskan ualng sehingga harus langsung dimakan dan hanya bisa bertahan selama satu hari saja.

  • Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menambah ASI, wortel juga kaya akan kandungana enzim phytoesterogens yang berperan vitam dalam memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak dan lancar. Wortel sangat wajib dikonsumsi oleh ibu karena memang khasiatnya sangat baik untuk tubuh terutama berfungsi membantu ketajaman mata sang buah hati

  • Edamame atau kedelai

salah satu sayuran yang dapat menambah kelancaran ASI adalah edamame atau kedelai jepang, sayur ini mengandung banyak protein nabati, ada mangan, vitamin K, asam folat, zat besi, vitamin C, riboflavin, fosfor dan juga kalium.

Kandungan-kandungan ini dapat memenuhi kebutuhan protein ibu menyusui dalam setiap harinya mencapai 65gram. Ketika ibu sedang bosan makan ikan, daging, unggas atau sumber protein lainnya, maka bunda dapat mencoba mengkonsumsi edamame. Jangan sampai bunda kekurangan protein, karena keadaan tersebut dapat mengurangi produksi ASI. Bunda dapat mengkonsumsi edamame dengan cara direbus lalu dibuat camilan atau dibuat bahan campuran telur dadar.

  • Daun Katuk

Daun katuk memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, vitamin A, zat besi, vitamin B1 dan C. Selain itu terdapat kandungan alkaloid dan juga sterol yang dapat mempengaruhi produksi ASI bunda. Daun katuk seberat 100 gr memiliki 239 mg kandungan vitamin C, jumlah ini jauh lebih cukup bagi bunda untuk memenuhi kebutuhan menyusui yakni sekitar 95 gr saja. Bunda juga tidak perlu khawatir jika kelebihan vitamin C karena batas minimal kadar vitamin C perhari mencapai 2000 mg. Hanya dengan mengkonsumsi daun katuk maka ibu tidak perlu meminum suplemen vitamin C.

Asam seskuiterna dalam daun katuk dipercaya baik untuk memperlancar ASI, pada penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di Yogyakarta (2004) menyatakan bahwa volume ASI bunda akan naik hingga 50% setelah makan daun katuk ini. bunda dapat mengkosumsi daun katuk dengan dibuat sayur bobor atau sayur bening.

  • Labu Siam

Labu siam kaya akan vitamin C dan juga K, asam folat, seng (zinc) dan mangan. Selain itu, labu siam juga mengandung vitamin B6, kalium dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik dalam memenuhi kebutuhan asam folat bunda. Meskipun kebutuhan asam folat ibu menyusui tidak sebanyak ketika hamil, namun asam folat tetap dibutuhkan dua kali ipat dari ibu yang tidak sedang menyusui. Jika ibu mengkonsumsi labu siam sebanyak 100 gram perhari maka jumlah tersebut cukup untuk memenuhi asam folat tubuh ibu sebanyak 23%. Fungsi dari asam folat ini adalah untuk membentuk sel dan hemoglobin dalam darah dan untuk perkembangan jaringan tubuh bayi bunda.

  • Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan yang berguna untukĀ  memperbanyak ASI. Kandungan enzim phytoestrogens pada daun kemangi dapat berfungsi untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup banyak. Manfaat lain dari kemangi adalah dapat menenangkan, dapat meningkatkan gerakan usus sehingga dapat meningkatkan nafsu makan dan juga dapat mencegah sembelit. Kemangi juga dapat digunakan untuk mencegah bau badan.

  • Jagung

Jagung manis merupakan sayuran yang dipakai untuk memperbanyak ASI, karena jagung manis mengandung karbohidrat dan protein. Ibu yang baru saja melahirkan yang air ASI nya belum keluar dapat dipacu dengan mengkonsumsi jagung.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *