Cara Menyusui Bayi Yang Benar Dari Mulai Pelekatannya

Cara Menyusui Bayi Yang Benar Dari Mulai Pelekatannya

Cara Menyusui Bayi Yang Benar Dari Mulai Pelekatannya : Bunda ketika pasca melahirkan maka yang ditakutkan pertama kali adalah bagaimana memilih posisi menyusui yang tepat untuk sang buah hati karena bunda bisa saja gagal dalam menyusui karena salah memilih posisi untuk sang buah hati ketika menyusui bahkan yang bisa terjadi adalah putting punda seringkali mengalami lecet atau luka karena sang buah hati merasa kesal dengan posisi yang tidak nyaman.

Oleh karena itu bunda perlu memperhatikan posisi yang tepat dan cara menyusui yang benar supaya sang buah hati merasa senang juga nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi dengan bahagia. Untuk mencapai keberhasilan memberikan asi bunda juga perlu mengetahui beberapa posisi manyusui agar sang bayi bisa menyusu dengan nyaman. Berikut akan kami jelaskan beberapa posisi yang benar dalam menyusui.

Beberapa posisi menyusui yang benar

  1. Posisi cross cradle : pada posisi ini bunda akan memposisikan sang buah hati dan akan disusui menggunakan payudara sebelah kanan, tempatkan kepala si kecil disebelah payudara kanan dengan tangan kanan bunda menopang tubuh si kecil pada bagian lehernya juga. Tangan kanan memgang payudara, sambil sering kali memijat memijat supaya asi keluar lebih banyak dengan baik dan posisi ini baik sekali digunakan jika bunda masih dalam pembelajaran untuk menyususi sang buah hati yang baru saja lahir atau bayinya kecil.
  2. Posisi cradle : pada posisi ini si kecil akan disusui oleh bunda dengan menggunakan payudara sebelah kiri pada posisi ini tangan kiri menopang seluruh tubuh bayi posisi ini juga dapat diterapkan sang bunda jika bunda sudah terbiasa dan ahli menyusui dengan baik. Juga posisi ini sangat disarankan untuk sang bayi yang terlahir prematur atau ibu dengan putting payudara kecil.
  3. The football hold : posisi ini adalah bunda ingin menyusui pada payudara kiri dalam posisi ini bunda bisa memposisikan kaki sang buah hati di samping mengarahkan kepala bayi pada payudara bunda sebelah kiri. Bunda bisa menggunakan tangan sebelah kiri untuk menopang tubuh dan leher si kecil. Sedangkan tangan kanan bunda dapat memijat payudara secara teratur supaya aliran asi bunda semakin lancar.

Itu adalah beberapa posisi yang baik dan benar untuk bunda jika ingin menyusui sang buah hati dengan benar dan baik. Karena dengan posisi diatas maka bunda bisa membuat aliran asi bisa lancar dan sang buah hati akan secara cepat merasa kenyang karena mudah dalam mendapatkan asi.

Pemberian ASI dengan benar untuk sang buah hati

Ketika bunda sudah mengetahui cara menempatkan atau memposisikan sang buah hati dengan benar maka sekarang bunda juga perlu mengetahui bagaimana cara memberi asi kepada si kecil dengan benar. Oleh karena itu untuk memaksimalkan manfaat menyusui si kecil sebaiknya di beri asi selama kurang lebih 2 tahun namun harus intens di enam bulan pertama. Berikut adlaah beberapa cara yang dapat membantu bunda menyusui secara ekslusif selama enam bulan pertama yakni sebagai berikut :

  1. Bagi bunda saat sedang menyusui maka posisikan diri bunda senyaman mungkin dan rileksasikan diri anda caranya adalah dengan mbersandar atau menganjal badan bunda dengan bantal yang empuk.
  2. Setelah bunda merasa nyaman untuk menyusui maka gendong sang buah hati pegang bayi dan posisikan senyaman mungkin agar si kecil tidak gampang merengek ketika saat menyusu.
  3. Bunda bisa memberikan rangsangan pada bibir si kecil dengan mendekatkan putting ke arah bibir sang buah hati.
  4. Si kecil akan mulai menggarahkan lidah dan menggunakanya untuk menghisap asi sang bunda hanya selebihnya mengikuti sang bayi menyedot dan menelan keluar.
  5. Ketika bunda ingin mengganti atau menyudahi ke payudara lain maka letakkan jari bunda ke bibir si kecil sampai si kecil sudah berada di posisi baru.
  6. Ketika bunda ingin mengetahui kapan si kecil sudah kenyang maka bunda bisa melakukan seperti hal diatas yakni meletakkan putting ke arah bibir si kecil dan ketika sang buah hati ingin tetap menyusu maka si kecil akan menhisap lagi namun ketika si kecil sudah merasa kenyang maka sang buah hati akan dengan sendirinya berhenti menghisap.

Selain tata cara diatas maka ada juga hal yang perlu di ketahui bunda supaya bunda berhasil dalam hal menyusui si kecil. Yakni sebagai berikut:

  1. Bunda bisa menyusui sang buah hati sesuai dengan kebutuhanya sampai sang bayi merasa puas karena jika si kecil puas maka si kecil akan dengan sendirinya melepaskan putting bunda.
  2. Bunda harus memastikan bahwasanya hanya asi bundalah satu satunya makanan utama bagi si kecil, bunda diharapkan menghindari pemberian cairan atau makanan lain kepada sang buah hati misal susu fromula, gula, air dll. Karena pemberian makanan lain dapat menghambat keberhasilan proses menyusui .
  3. Bunda harus membiarkan si kecil menyusui sesegera mungkin setelah si kecil baru saja lahir terutama dalam kurun waktu 1 jam pertama karena sang buah hati akan memulai tanggap di waktu 1 jma pertama akan sangat baik jika bunda mulai menyusui dini itu akan memperkenalkan sang bayi bahwa menyusu sangat menyenangkan. Membiarkan hal ini terjadi maka akan membiasakan menempel pada kulit payudara maka sang buah hati akan merangkak mencari putting bundanya untuk menghisapnya.dan kontak kulit dengan sang bayi akan mernagsang aliras ASI membantu ikatan batin bunda dan sang buah hati.
  4. Bunda harus tau bahwa memberikan asi kepada sang buah hati sesering mungkin itu dapat memperlancar dan memperbanyak produksi asi, ini akan membuat sang buah hati merasa senang.
  5. Bunda perlu menunda pemakaian dot kepada si kecil, dot sebaikanya diberikan kepada si kecil ketika sang buah hati sudah bisa menyusu dengan cara baik dan benar.
  6. Bunda harus melakukan perawatan putting dan juga melakukan pembersihan pada area putting bunda, namun jangan dibersikan dengan sabun karena sabun banyak sekali mengandung zat kimia.
  7. Bunda juga harus memakan makanan yang bergizi lebih untuk menjaga kandungan nutrisi asi bunda tetap eklusif untuk diberikan kepada sang buah hati.

Dengan penjelasan diatas semoga bunda yang merasa cemas karena tidak mengetahui bagaimana cara menyusui dengan benar maka tips dan cara diatas mampu membantu bunda mengatasi masalah. Bunda juga tidak perlu bingung ketika mendapat saran dari keluarga mengenai bagaimana cara menyusui dengan benar maka bunda bisa mencocokan dengan tips diatas.

Baca Juga : Tips Agar ASI Banyak dan Kental Serta Lancar, Minum Madu Asi Umi

Tips diatas yakni tata cara supaya bunda dapat menyusu dengan benar dan juga si kecil akan merasa nyaman ketika sedang menyusu hal ini sangat di inginkan oleh beberapa bunda dalam mencapai tahap menyusui dengan baik dan benar.
Madu Asi Umi Merupakan Suplemen Penambah Asi
Memberikan asi kepada sang buah hati sangatlah sederhana namun ketika bunda tidak mengetahui secara detail dan tidak mewaspadai hal kecil yang dapat menganggu sang buah hati ketika sedang menyusu maka akan membuat sang bayi merasa tidak puas dan akan menangis. Maka dari itu penting sekali mengetahui tata cara yang benar dalam menyusui bagi bunda, untuk mendapatkan asi yang baik maka bisa mencobanya dengan mengkonsumsi Pelancar ASI Madu Asi Umi yang kami rekomendasikan untuk Bunda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *