Beberapa Buah Penambah Asi

Beberapa Buah Penambah Asi

ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan khususnya. Saat ini terdapat berbagai masalah yang berkaitann dengan ASI seperti ASI tidak Keluar, ASI tidak lancar, produksi ASI sedikit dan beberapa permasalahan lainnya. Sebagian orang belum mengetahui beberapa bahan alam dan cara alami yang dapat mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan ASI tersebut. Terdapat beberapa buah buahan yang dapat menambah produksi ASI.

Buah-buahan apa saja yang bisa menambah produksi ASI?

Kurma

Kurma merupakan salah satu buah penambah ASI. Tidak harus menanti sampai bulan Ramadhan untuk sekedar menikmati kurma. Kenikmatan makan kurma juga bisa mengakibatkan produksi ASI selalu banyak. Untuk menikmati kurma agar bertujua untuk memperlancar ASI bisa disajikan dalam berbagai bentuk olahan, seperti dikonsumsi secara langsung, di buat jus, bahkan di konsumsi dalam bentuk yogurt.

Yoghurt kurma adalah minuman probiotik sari buah kurma. Kandungan kalsium, zat besi dan senyawa yang mirip dengan hormon oksitosin bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI. Kombinasi antara sari buah kurma dan yoghurt, berpotensi dapat dikembangkan menjadi produk probiotik. Pengembangan produk probiotik sari buah kurma dapat meningkatkan efektivitas fungsional dari buah kurma. Dosis bagi ibu hamil dan menyusui 500 mg/hari, terbagi dalam dua kali pemberian masing-masing 250 mg.

Yoghurt kurma bisa dijadikan alternatif untuk melancarkan produksi ASI, oleh karena itu petugas kesehatan dapat mengaplikasikan youghrt kurma pada ibu menyusui yang mempunyai masalah dengan pengeluaran ASI dan diperlukan adanya penelitian serta pengembangan mengenai yoghurt kurma.

Melon

Melon merupakan salah satu buah penambah ASI. Manfaat yang terdapat dalam buah melon bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Menambah ASI secara alami dapat  dilakukan dengan olahan buah melon. Buah ini bisa dikonsumsi bagi para Ibu menyusui dan agar ASI dapat keluar lebih banyak. buah-buahan yang mengandung banyak air akan membantu ibu menghasilkan ASI yang berlimpah seperti melon.

Pisang

Jangan hanya terpaku pada satu jenis pisang. Buat para ibu yang sedang menyusui, silahkan dinikmati ragam pisang di sekitar anda, karena pisang merupakan salah satu buah penambah ASI.

Salah satu jenis pisang adalah Jantung pisang batu yang merupakan jenis tanaman yang memiliki laktagogum yang berpotensi terhadap stimulasi oksitoksin dan prolaktin semisal alkaloid, polifenol, steroid, flavonoid serta substansi lainnya yang paling efektif untuk meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

Jeruk

Selain mudah ditemukan, jeruk bisa menjaga daya tahan Ibu menyusui.. Jeruk merupakan salah satu buah penambah ASI dikarenakan memiliki banyak kandungan AIR didalamnya.

Bluberry

Bluberry merupakan salah satu buah penambah ASI. Kekayaan antioksidan pada bluberi dapat memenuhi porsi buah ataupun jus pada ibu menyusui. Bluberi juga merupakan buah yang sarat vitamin dan mineral serta karbohidrat  untuk menjaga energi anda.

Jambu air

Jambu air merupakan salah satu buah penambah ASI. Tidak hanya kaya vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi.  Jambu air bagus untuk kebutuhan kalsium bagi tubuh dengan cara meningkatkan peran otot , saraf serta vitamin A yang bisa digunakan untuk melindungi sistem imun tubuh bayi. Kadar airnya dalam jambu air yang cukup tinggi bisa memberikan efek tenang dan segar.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah penambah ASI. manfaat buah semangka bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu menyusui yang pasti sekian kali lipat lebih banyak daripada ibu yang tidak menyusui. Kadar air yang luamayan tinggi pada buah semangka berfungsi untuk menjaga dengan baik asupan cairan tubuh. Selain itu Semangka juga kaya vitamin A, C, kalium dan asam folat.

Pepaya

Buah pepaya termasuk dalam kategori buah penambah ASI, dikarena buah pepaya memiliki kandungan 33% vitamin dan 50% kalium. Apabila kekurangan kalium berpotensi terkena depresi. Sedangkan kondisi ibu harus stabil ketika menyusui. Apabila ibu mengalami depresi, maka mempengaruhi fikirannya sehingga berefek pada pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin.

Pepaya merupakan buah yang mengandung laktagogum. Buah ini termasuk jenis buah tropis yang sering dikenal dengan sebutan Caricapapaya. Buah pepaya juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Laktagogum merupakan obat yang dapat meningkatkan atau memperlancar pengeluaran air susu.

Beberapa Kandungan Zat dalam ASI

ASI memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dan sempurna untuk keperluan bayi . Hal-hal tersebut menjadikan ASI sebagai satu satunya makanan terbaik dan paling cocok untuk bayi.

  1. Imunoglobulin

ASI sebagai imunisasi aktif merangsang pembentukan daya tahan tubuh bayi. ASI memiliki fungsi sebagai imunisasi pertama kali pada bayi karena memiliki kandungan Ig A

  1. Vitamin, mineral dan zat besi ASI

ASI mengandung vitamin, mineral dan zat besi yang lengkap dan mudah diserap oleh bayi.

  1. Lemak

Lemak dalam ASI mudah dicerna dan diserapoleh tubuh bayi dikarena mengandung enzim lipase yang dapat mencerna lemak. Lemak ASI yang utama yakni lemak ikatan panjang yang berupa suatu asam lemak esensial untuk proses myelinisasi saraf dimana fungsinya sebagai pertumbuhan otak. Lemak ini sedikit pada susu sapi. Pertubuhan orak anak dapa dipenuhi dengan kadar kolestrol tinggi pada ASI. Kolesterol berfungsi dalam pembentukan suatu enzim metabolisme kolesterol yang berfungsi mengendalikan kadar kolesterol sehingga bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan arteriosklerosis ketika usia muda.

  1. Karbohidrat

ASI mengandung banyak laktosa. Salah satu produk dari laktosa adalah galaktosa yang merupakan makanan vital bagi jaringan otak yang sedang tumbuh. Laktosa meningkatkan penyerapan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Laktosa juga meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik yaitu, Lactobacillis bifidus. Fermentasi laktosa menghasilkan asam laktat yang memberikan suasana asam dalam usus bayi sehingga menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

  1. Protein

Protein utama ASI adalah whey (mudah dicerna), sedangkan protein utama susu sapi adalah kasein (sukar dicerna). Rasio whey dan kasein dalam ASI adalah 60:40, sedangkan dalam susu sapi rasionya 20:80. ASI tentu lebih menguntungkan bayi, karena whey lebih mudah dicerna dibanding kasein. ASI mengandung alfa-laktalbumin, sedangkan susu sapi mengandung lactoglobulin dan bovine serum albumin yang sering menyebabkan alergi. Disisi lain, pemberian ASI eksklusif bisa menghindarkan bayi dari alergen dikarenakan setelah enam bulan usus bayi mulai matang dan bersifat lebih protektif.

ASI juga mengandung lactoferin sebagai pengangkut zat besi dan sebagai sistem imun usus bayi dari bakteri patogen. Laktoferin membiarkan flora  normal usus untuk tumbuh dan membunuh bakteri patogen. Lysosyme adalah zat imun alami yang berada dalam ASI. Protein istimewa lainnya yang hanya terdapat di ASI adalah taurine yang diperlukan untuk pertumbuhan otak, susunan saraf, juga penting untuk pertumbuhan retina. Susu sapi tidak mengandung taurine sama sekali.

Berikut merupakan penjelasan terkait buah penambah  ASI dan kandungan yang terdapat dalam ASI. Semoga materi diatas bisa bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *